Sangihe, Sulut (ANTARA) - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara, Wandu Labesi meminta warga setempat agar tetap mewaspadai bencana alam banjir dan longsor akibat musim hujan di awal tahun 2022.

"Kami meminta kepada semua warga masyarakat agar tetap waspada terhadap bencana alam banjir dan longsor sebab hujan terus mengguyur Kepulauan Sangihe sampai saat ini," kata Wandu Labesi di Tahuna, Selasa.

Hujan saat ini terus mengguyur Kepulauan Sangihe dengan intensitas yang cukup tinggi, kewaspadaan masyarakat terhadap bahaya bencana alam longsor dan banjir harus terus ditingkatkan.

Menurut dia, sebagai daerah rawan bencana, intensitas hujan yang terjadi saat ini, kiranya mendapat perhatian masyarakat.

"Masyarakat harus mewaspadai bahaya longsor ketika melintasi wilayah perbukitan di musim hujan seperti ini," kata dia.

Demikian juga masyarakat yang bermukim di wilayah aliran sungai agar tetap melihat situasi agar terhindar dari bencana.

Kepada pengemudi kendaraan roda dua dan empat juga diminta waspada terhadap longsor dan pohon yang tumbang termasuk material longsor yang masih menutupi sebagian badan jalan di luar kota.

"Pengemudi kendaraan roda dua dan empat yang ke luar kota agar tetap meningkatkan kewaspadaan terutama di jalur jalan yang sudah pernah terjadi longsor ," kata dia.

Pewarta : Jerusalem Mendalora
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024