Manado (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Sulawesi Utara, mengingatkan masyarakat meningkatkan kewaspadaan saat puncak musim hujan.

"Kami memperkirakan puncak musim hujan di bulan Januari ini," kata Koordinator Bidang Observasi dan Informasi Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG), Stasiun Meteorologi Sam Ratulangi Manado, Ben Molle di Manado, Senin.

Beberapa hari ke depan, kata dia, diperkirakan akan terjadi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang di beberapa wilayah, sementara di wilayah lainnya hujan dengan intensitas lebat.

Jika, satu daerah hanya diguyur hujan dengan intensitas ringan hingga sedang, menurut dia, namun dalam durasi lama dan sampai beberapa hari, harus diwaspadai.

Situasi yang demikian, akan menyebabkan daya serap tanah terhadap air hujan menjadi berkurang sehingga berpotensi terjadinya tanah longsor.

Begitupun dengan durasi panjang hujan lebat dapat mengakibatkan banjir di bantaran sungai maupun daerah dengan kontur tanah berbentuk cekungan.

Karena itu, dia berharap masyarakat waspada dengan situasi seperti ini sehingga dapat meminimalisasi terjadinya korban.

"Bila hujan dengan intensitas sedang ataupun lebat terjadi terus-menerus, waspada dan jauhi tempat-tempat yang berpotensi terjadinya banjir atau tanah longsor. Warga dapat belajar dari bencana-bencana sebelumnya mana lokasi yang potensial banjir dan dan longsor agar terhindar bencana," ucapnya.*

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024