Sangihe, Sulut (ANTARA) - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kepulauan Sangihe, Provinsi Sulawesi Utara, Wandu Labesi mengingatkan warga agar mewaspadai bencana akibat curah hujan dengan intensitas tinggi yang mengguyur daerah itu.

"Wilayah Kabupaten Sangihe dalam beberapa hari ini sedang diguyur hujan dengan intensitas yang tinggi dengan durasi waktu yang agak lama sehingga warga diminta tetap waspada," kata Wandu Labesi di Tahuna, Kamis.

Menurut dia, bagi penduduk yang tinggal di daerah bantaran sungai dan di wilayah pegunungan serta di sekitar tebing agar waspada terhadap kemungkinan terjadinya longsor.

Kepada seluruh masyarakat diminta agar memperhatikan perubahan cuaca yang begitu cepat sehingga berdampak pada aktivitas kehidupan.

Selain itu kata dia, bagi pengguna jalan khususnya luar kota agar memperhatikan kondisi kendaraan, mewaspadai wilayah perbukitan yang rawan longsor, jalan yang licin akibat material pasir, kerikil dan air yang menggenangi jalan.

"Jalur jalan di Sangihe rawan longsor sehingga perlu kewaspadaan dari masyarakat pengguna jalan lebih khusus jalur luar kota," kata dia.

Dia juga meminta warga masyarakat agar segera menghubungi pemerintah setempat jika mengalami bencana atau ada potensi bencana.



Pewarta : Jerusalem Mendalora
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024