Manado, (Antara Sulut) - Anggota Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Minahasa, Herwyn Malonda mengatakan, pihaknya masih melakukan verifikasi dukungan bagi pasangan Arianne Nangoy dan Jeffry Mentu.

"Belum bisa dipastikan apakah mereka sudah lolos dalam verifikasi dukungan untuk calon perseorangan atau independen," kata Malonda, di Manado, Senin.

Dia mengatakan, verifikasi dukungan kepada pasangan perseorangan ini masih dilakukan di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), untuk memastikan apakah dukungan yang mengalir untuk pasangan ini mencapai kuota dukungan sebanyak 16.791 orang.

Hanya saja menurut dia, di antara jeda waktu yang tersedia hingga pendaftaran pasangan calon pada 30 Agustus 2012, pasangan Nangoy-Mentu masih diberi kesempatan melakukan perbaikan dukungan.

"Kalau mereka memenuhi syarat yaitu mencapai kuota dukungan, mereka bisa mendaftar sebagai pasangan calon melalui unsur perseorangan," kata dia.

Di sisi lain, Malonda belum bisa memastikan berapa banyak pasangan bupati dan wakil bupati yang akan maju pada pemilihan kepala daerah (pilkada) bupati dan wakil bupati pada pelaksanaan pemilihan 12 Desember 2012 nanti.

"Kami belum bisa memastikan berapa calon. Kalau mereka sudah mendaftar, pada saat itulah sudah bisa dilihat berapa pasang calon yang akan ikut pilkada," kata dia.

Partai yang bisa mengajukan pasangan calon adalah Golkar dan PDIP, di mana kedua partai ini memiliki enam kursi lebih di DPRD Kabupaten Minahasa.

Sementara itu, Partai Demokrat dan Partai Gerindra masing-masing harus bergabung dengan partai lainnya yang memiliki kursi di DPRD, untuk menggenapkan jumlah kursi sebelum mengusung pasangan calon. @antarasulutcom.

Pewarta : Karel Polakitan
Editor : Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024