Manado (ANTARA) - Mabes Polri melalui Biro Psikologi SSDM Polri bekerjasama dengan ICITAP Indonesia sukses melaksanakan pelatihan Training of Trainer (TOT) Peer Konseling terhadap personel Polda Sulut dan jajaran, yang digelar di Hotel Peninsula Manado,  dari 1-2 Desember 2021.

Pelatihan yang diikuti oleh 86 personel Polri ini, mendapat apresiasi dari Psikolog Utama Biro Psikologi SSDM Polri Brigjen Pol Nyoman Lastika, yang menutup pelatihan tetsebut.

"Selama dua hari kita berikan latihan dengan cara bergembira, ini cukup luar biasa, para peserta bisa menunjukkan kemampuan yang signifikan dan mereka sangat antusias," kata Brigjen Pol Nyoman Lastika.

Ia berharap para peserta bisa melakukan konseling terhadap rekan-rekannya khususnya yang sebaya. 
"Karena kita tahu bahwa beban anggota Polri di lapangan sangat luar biasa, sehingga pasti ada sedikit kejenuhan ataupun mungkin gangguan kesehatan mental," katanya.

Dan ini, lanjutnya, memerlukan konseling, dan para peserta inilah yang bisa memberikan konseling kepada teman sebaya sehingga bisa bebas mengutarakan persoalan-persoalan yang ada.

"Semoga kedepan kesehatan mental anggota Polri akan semakin prima, sehingga pelaksanaan tugas-tugas Polri akan semakin maksimal," katanya.

Dalam pelatihan ini, para pemateri berasal dari personel Biro Psikologi SSDM Polri yang sudah profesional di bidangnya dan  dari ICITAP Indonesia.



.


 

Pewarta : Jorie MR Darondo
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024