Manado (ANTARA) - Ikatan Sport Sepeda Seluruh Indonesia (Pengprov ISSI) Sulawesi Utara (Sulut) menggelar pelatihan commissaire regional dan perlombaan guna jadi juri kompeten dalam berbagai ajang kejuaraan yang akan diadakan di daerah ini. 

"Pelatihan yang akan berlangsung 1-3 Desember 2021 mendapat dukungan penuh dari Pengurus Besar(PB) ISSI,"kata Ketua Umum Pengprov ISSI Sulut, Revino Pepah saat pembukaan pelatihan di Hotel Ibis Manado, Rabu.

Peserta pelatihan berasal dari kabupaten/kota di Sulut dan mereka akan mendapat sertifikat dari PB ISSI.

"Ada dua orang instruktur PB ISSI yang akan memberi pembekalan, ini untuk menjamin hasilkan wasit punya kompetensi tinggi,"kata Dirut Bank SulutGo tersebut. 

Wasit yang ikut pelatihan ini, kata Revino, akan melaksanakan tugas saat Pengprov ISSI Sulut  menggelar kejuaraan Endurance pada 11 Desember 2021 dengan rute Manado-Likupang-Bitung dengan jarak tempuh sekitar 120 kilometer

Animo peserta ikut kejuaraan ini, kata Revino  cukup tinggi, buktinya  sudah ratusan peserta luar daerah mendaftar.

"Salah satu syarat lomba yang benar, juri sudah harus disertifikasi, dan Pengprov ISSI Sulut mengantisipasi dengan pelatihan ini," kata jebolan Fakultas Ekonomi Unsrat tersebut. 

Apa yang dilakukan ISSI Sulut, kata Revino juga terkait DBON dimana Sport Sepeda jadi bagian didalamnya, karena itu menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas  lebih awal. "Sehingga bila ada lomba regional, Sulut sudah siap dengan wasit dan juri  berkompeten," katanya. 

Gubernur Sulut Olly Dondokambey melalui Kadispora Marcel Sendoh menyampaikan salut atas terobosan yang dilakukan Pengrov ISSI Sulut.

"Bukan tidak mungkin ada  penilaian subjektivitas wasit, karena itu pelatihan ini sangat tepat, sebab wasit merupakan aset penting yang harus dimiliki setiap cabang olahraga,  apalagi yang masuk prioritas olahraga unggulan," kata Sendoh.

Pewarta : Guido Merung
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024