Manado (ANTARA) - Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan Ichrom Muftezar mengatakan, Kementerian Perdagangan RI membantu renovasi salah satu pasar tradisional di Kota Banjarmasin.

Pasar tradisional yang dapat bantuan renovasi itu, ungkap dia, di Banjarmasin, Rabu, adalah Pasar Batuah yang berada di kawasan Veteran, Kelurahan Kuripan, Kecamatan Banjarmasin Timur, Kota Banjarmasin.

"Pada 2022 dapat bantuan renovasi Pasar Batuah itu," ujarnya.

Menurut dia, dana bantuan renovasi Pasar Batuah tersebut dibantu Kemendag RI sebesar Rp3,5 miliar.

"Kami beberapa kali survei ke lapangan, dan mendata pedagang sementara yang terkena dampak renovasi ada 150 pedagang," ucapnya.

Disampaikan Tezar panggilan akrabnya, lahan pasar Batuah ini merupakan milik Pemerintah kota dan cukup luas.

Dengan demikian, lanjut dia, dalam renovasi nanti, tentu akan menyesuaikan dengan anggaran yang diberikan dan jumlah kios, diupayakan semua pedagang dapat terakomodir.

"Dalam DED pasar Batuah, hanya satu lantai, dan akan ditata lebih rapi, yaitu, dibagi perblok dan kategori dagangan, diantaranya nanti ada klasifikasi pedagang buah, sayur, ikan, klontongan dan konveksi," terangnya.

Lebih lanjut Tezar menambahkan, langkah pihaknya saat ini sedang mempersiapkan jadwal untuk sosialisasi kepada warga dan pedagang setempat, tentang rencana renovasi pasar Batuah.

Mengingat, kata Tezar, di lahan itu selain pasar, ternyata kios yang mereka tempati telah dijadikan sebagai tempat tinggal.

"Kita terus melakukan pendekatan secara persuasif untuk relokasi sementara dalam pembangunan pasar itu," katanya.

 

Pewarta : Sukarli
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024