Manado, (Antara Sulut) - Pengamanan di Kantor Gubernur Provinsi Sulawesi Utara terus diperketat menjelang perayaan HUT Proklamasi RI ke 67.

 "Pengamanan di sekitar kantor gubernur terus kami tingkatkan, walaupun pengamanan standar sudah kami berlakukan setiap hari," kata Kepala Biro Umum Pemprov Sulut, Farly Kotambunan, Rabu.

Dia mengatakan, pihaknya akan terus berkoordinasi dengan Satuan Polisi Pamong Praja untuk mengamankan titik-titik yang ada di sekitaran kantor gubernur, termasuk meletakkan personil di pintu masuk dan keluar halaman.

"Kita tidak punya personil Pol PP, sehingga kami harus berkoordinasi. Jadi untuk sekarang ini, semua titik sudah ditempatkan personil dalam rangka pengamanan," kata dia.

Dia mengatakan, personil Pol PP yang ditempatkan, tak hanya melakukan patroli di siang hari, tapi sampai malam hari secara bergantian, sehingga pada saat pelaksanaan upacara proklamasi HUT RI, semua berlangsung hikmat.

Dia mengatakan, prosedur standar yang diberlakukan ketika memasuki pintu masuk kantor gubernur, tamu akan dimintakan kartu identitas, dan tamu yang menggunakan kendaraan, diwajibkan menurunkan kaca mobil.

Sementara itu terpantau, petugas Pol PP setiap hari mangkal di pintu masuk dan keluar serta di beberapa titik, dan memeriksa kendaraan yang masuk pintu utama denga peralatan khusus yang dirancang untuk memeriksa bagian bawah kendaraan.

Di sisi lain, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara, Edwin Roring mengatakan, menjadi kewajiban dari Pol PP untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi semua peserta yang mengikuti jalannya upacara HUT kemerdekaan RI ke 67.

"Pengamanan akan semakin ditingkatkan menjelang 17 Agustus 2012," kata dia.

Pewarta : Karel Polakitan
Editor : Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024