Manado (ANTARA) - Bupati Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Mulkan meminta seluruh kepala desa mengembangkan potensi sumber daya alam (SDA) yang dimiliki desa untuk membangun dan menyejahterakan masyarakat.

Hal itu disampaikannya di Sungailiat, Selasa, usai melantik 44 orang kepala desa periode 2021 - 2027.

Ia mengatakan kepala desa mempunyai kewenangan mengelola dan mengembangkan desa untuk kepentingan pembangunan dan kesejahteraan warga.

"Pengembangan potensi sumber daya alam, seperti pertanian, perkebunan, perikanan, dan lainnya harus dilakukan agar desa ke depannya dapat mandiri," katanya.

Desa yang sudah mandiri, kata bupati, tidak akan mengharapkan kucuran dana dari pemerintah pusat maupun pemerintah daerah karena dianggap sudah mampu memenuhi kebutuhan.

"Selain dituntut mampu mengembangkan potensi sumber daya alam yang tersedia, seorang kepala desa dibantu perangkat desa harus mampu berinovasi di berbagai bidang," kata Mulkan.

Bagi kepala desa yang baru dilantik, bupati menyarankan agar meningkatkan koordinasi dengan kecamatan maupun dinas terkait.

"Koordinasi diperlukan agar program pembangunan di desa selaras dengan rencana program pemerintah daerah, seorang kepala desa harus mampu membangun sinergi dengan stakeholder lainnya," ujarnya.

Pewarta : Kasmono
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024