Manado (ANTARA) - Gubernur Olly Dondokambey berharap Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Sulawesi Utara meningkatkan produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

"Kami sangat mengharapkan Dekranasda Provinsi Sulut mulai aktif dan mulai bekerja untuk meningkatkan produk-produk kerajinan UMKM di daerah ini," ujar Gubernur Olly di Manado, Selasa.

Ia mengatakan COVID-19 berdampak pada pelaku usaha sehingga diharapkan pandemi ini segera berakhir dan produktivitas kembali berkembang.

"Kita berdoa terus agar pandemi COVID-19 cepat berakhir, sehingga pelaku-pelaku UMKM yang dibina oleh Dekranasda Provinsi Sulut dan seluruh kabupaten/kota bisa menjadi daya dorong pengembangan ekonomi Sulut khususnya bagi rumah tangga serta keluarga-keluarga di daerah ini," katanya.

Kadis Perindag Edwin Kindangen mengatakan sinkronisasi antar-Dekranasda menjadi penting dilakukan untuk mendorong tumbuhnya industri kerajinan.

"Koordinasi dan sinkronisasi program dan kegiatan Dekranasda Provinsi Sulut serta kabupaten dan kota nantinya dapat mendorong perkembangan industri kerajinan yang bermuara pada peningkatan kesejahteraan perajin dan berimplikasi pada penguatan perekonomian daerah," ujarnya.

Dekranasda Sulut menggelar rapat kerja daerah (rakerda) dirangkaikan dengan pelantikan pengurus periode 2021-2024.

Pelantikan dilakukan oleh Ketua Dekranasda Provinsi Sulut Rita M Dondokambey-Tamuntuan.

“Saya percaya akan mampu melaksanakan tugas dan kewajiban sebaik-baiknya disertai penuh rasa tanggung jawab sesuai dengan yang dipercayakan untuk meningkatkan peran serta Dekranasda Provinsi Sulawesi Utara menyukseskan pembangunan,” ujar Rita.

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024