Tomohon (ANTARA) - Pemerintah Kota Tomohon, Sulawesi Utara (Sulut) menggelar diskusi kelompok terpumpun (FGD) menyusun strategi promosi penanaman modal, Kamis.

"Penanaman modal atau lebih dikenal dengan investasi merupakan faktor utama pendorong pertumbuhan ekonomi suatu daerah," ujar Sekdakot Tomohon, Edwin Roring di Manado, Kamis.

Investasi, menurut dia, mempunyai dampak ganda dalam perekonomian daerah dan dengan peningkatan investasi ini akan mendorong pertumbuhan kegiatan ekonomi lainnya yang pada akhirnya akan mampu memberikan kesempatan kerja yang lebih luas kepada masyarakat.

Tujuan penyelenggaraan penanaman modal, kata dia, antara lain untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional, menciptakan lapangan kerja, meningkatkan kapasitas dan kemampuan teknologi nasional, mendorong pengembangan ekonomi kerakyatan, meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Promosi penanaman modal berdasarkan peraturan Badan Koordinasi Penanaman Modal RI Nomor 3 Tahun 2019 adalah segala bentuk komunikasi yang digunakan untuk menginformasikan dan atau meyakinkan tentang potensi dan peluang serta iklim penanaman modal kepada pemangku kepentingan baik di dalam maupun luar negeri," sebutnya.

Promosi penanaman modal di daerah harus dimulai dengan identifikasi sektor dan wilayah prioritas promosi yang mengacu pada dokumen rencana umum penanaman modal atau RUPM daerah, katanya.

Saat ini, lanjut dia, pemerintah kota telah memiliki dokumen rencana umum penanaman modal kota yang telah ditetapkan dalam Peraturan Wali Kota Nomor 42 tahun 2017 tentang Rencana Umum Penanaman Modal Kota Tomohon tahun 2017-2025 yang menjadi dasar penyusunan kebijakan terkait kegiatan penanaman modal.

"Kondisi pandemi COVID–19 yang terjadi saat ini mempengaruhi pergerakan ekonomi Kota Tomohon, dampaknya sangat signifikan dirasakan oleh masyarakat dan usaha–usaha terutama pariwisata dan UMKM," ujarnya.

Karena itu, kata dia, pemerintah kota dituntut untuk tetap melaksanakan tugas dan fungsinya secara optimal dalam menarik investasi yang sebesar–besarnya guna menggairahkan kembali perekonomian daerah melalui promosi penanaman modal yang efektif, berkesinambungan dan koordinatif.
 

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024