Manado (ANTARA) - Kepala Bank Indonesia (BI) Sulawesi Utara(Sulut) Arbonas Hutabarat mengatakan program Wirausaha Unggulan Bank Indonesia (WUBI)  diharapkan mampu  meningkatkan kualitas wirausaha daerah.

"Selain kualitas wirausahawan, juga  unggul serta berkompeten," kata Kepala BI Sulut Arbonas Hutabarat, di Manado, Kamis.

Dia mengatakan dengan diwisudanya peserta WUBI Sulut ini bukan merupakan akhir dari proses belajar dan perjuangan, namun sebagai titik awal semangat yang baru untuk bersama-sama memajukan dan mengembangkan, tidak hanya usaha sendiri, namun juga sektor UMKM di Sulut.

Juga, katanya, secara keseluruhan, demi kesejahteraan masyarakat dalam mengakselerasi perkembangan sektor UMKM Sulawesi Utara, khususnya di era pandemi COVID-19.

UMKM memiliki peranan yang sangat penting dalam perekonomian nasional maupun daerah. 

Sektor ini, katanya, merupakan penyedia jaring pengaman masyarakat, khususnya bagi golonganl menengah ke bawah, merupakan salah satu sumber pendapatan utama negara Indonesia yang berperan penting dalam mengentaskan kemiskinan.

Peranan dari sektor UMKM juga mengalami perkembangan, utamanya di era pandemi COVID-19. 

Sektor UMKM diyakinkan sebagai sektor yang mampu memberikan kontribusi positif bagi perekonomian selama pandemi. 

Atas dasar itulah maka pemerintah kemudian menggagaskan agar sektor UMKM dapat dijadikan sebagai sumber pertumbuhan ekonomi yang baru.
 

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024