Tomohon (ANTARA) - Kota Tomohon, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) kembali meraih penghargaan kota sehat kategori "Swasti Saba Wistara" untuk yang ketiga kalinya.

"Mewujudkan kota sehat dilakukan dengan memberdayakan masyarakat melalui forum yang difasilitasi oleh pemerintah kabupaten/kota," kata Wali Kota Tomohon Caroll J.A. Senduk di Tomohon, Rabu.

Kota sehat, menurut dia, suatu kondisi kota yang bersih, nyaman, aman, dan sehat untuk dihuni penduduk, yang dicapai melalui terselenggaranya penerapan beberapa tatanan dengan kegiatan terintegrasi yang disepakati masyarakat dan pemerintah daerah.

Penghargaan kota sehat pertama kali diterima Pemkot Tomohon tahun 2013 untuk kategori "Swasti Saba Padapa", selanjutnya 2015 meraih "Swasti Saba Wiwerda", sementara tahun 2017, tahun 2019, dan tahun 2021 ini ketiga kalinya kategori "Swasti Saba Wistara".

"Penghargaan yang diterima saat ini adalah penghargaan untuk seluruh masyarakat Kota Tomohon," katanya.

Masyarakat setempat, katanya, patut berbangga karena di Indonesia hanya 25 kabupaten dan kota yang mendapatkan penghargaan Kota Sehat di dalamnya Kota Tomohon, sedangkan Kota Tomohon satu-satunya kota di Sulut yang mendapatkan penghargaan ini.

Penghargaan ini, kata dia, sebagai capaian yang luar biasa sehingga Pemkot Tomohon memberikan apresiasi kepada seluruh elemen masyarakat yang selama ini mendukung program ini sehingga berjalan sukses dan mendapat penghargaan.

Dia mengajak masyarakat kota bersama-sama berupaya menciptakan lingkungan sehat dengan terus membangun kesadaran, keseriusan menjaga, dan menciptakan lingkungan yang sehat dan nyaman.

Penghargaan "Swasti Saba Wistara" diterima Wali Kota Caroll bersama Wakil Wali Kota Wenny Lumentut secara daring di Mall Pelayanan Publik Wale Kabasaran Tomohon.

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024