Manado (ANTARA) - Kepolisian Daerah Kepulauan Riau meningkatkan kerja sama dengan Bank Indonesia setempat dalam pengamanan, pengawalan, serta pencegahan tindak pidana moneter.

Peningkatan kerja sama ditandai dengan penandatanganan pedoman kerja dalam mendukung pelaksanaan tugas dan kewenangan BI oleh Kapolda Kepri Irjen Pol Aris Budiman dan Kepala BI Kepri Musni Hardi K Atmaja, yang dilanjutkan dengan penandatanganan pedoman kerja permasalahan yang berkaitan dengan tindak pidana moneter Kepala BI Kepri dan Direktur Krimsus Polda Kepri.

"Dengan adanya penandatanganan pedoman kerja ini, harapannya akan lebih banyak kegiatan yang dilakukan secara bersama dalam kegiatan pengamanan dan pengawalan serta pencegahan tindak pidana moneter atau perbankan," kata Kapolda Kepri dalam keterangan tertulis, Rabu.

Pedoman kerja antara Polda Kepri dengan kantor perwakilan BI setempat merupakan turunan dari nota kesepahaman antara BI dengan Polri.

Kerja sama meliputi tukar-menukar data dan informasi, pengamanan dan pengawalan, pengawasan, penegakan hukum, serta peningkatan SDM.

"Kerja sama ini merupakan perwujudan komitmen Polri khususnya Polda Kepri bersama BI untuk mendukung kebijakan ekonomi dan pembangunan nasional," kata dia.

Polri sebagai pemelihara Kamtibmas dan penegak hukum berkomitmen untuk selalu menjamin keamanan seluruh aset dan keberlangsungan kegiatan operasional objek vital.

Sehingga diminta atau tidak diminta, Polri dalam hal ini Polda Kepri siap memberikan pengamanan, pengawalan, pengawasan, serta penegakan hukum termasuk kemitraan dengan Kantor Perwakilan BI Kepri, lanjut Kapolda.

Pada kesempatan itu, ia menyampaikan pesan pada PJU Polda Kepri yang membidangi agar mengaplikasikan dan melaksanakan pedoman kerja, agar manfaatnya dapat dirasa dalam meningkatkan kinerja Polri sebagai pelayan pengayom dan pelindung masyarakat menuju Polri yang Presisi.

Kepala kantor Perwakilan BI Kepri Musni Hardi Kasuma Atmaja berharap penandatanganan kerja sama antara BI dan Polri, maka kedua lembaga dapat bersinergi lebih baik.

"Di tingkat pusat telah dilaksanakan penandatanganan nota kesepahaman antara lembaga yang kita cintai ini yaitu BI dan Polri, bertujuan untuk membangun nusa dan bangsa serta membangun negeri yang lebih maju lagi," kata dia.

Ia mengatakan, nota kesepaham tersebut merupakan kesempatan kerja sama antara BI dan Polri dalam meningkatkan pelaksanaan tugas dalam mendukung informasi, pengamanan dan pengawalan, penegakan hukum serta meningkatkan sumber daya manusia.

Pewarta : Yuniati Jannatun Naim
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024