Manado (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara bersama Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) siap melindungi 180.000 pekerja informal di daerah tersebut.

"Perlindungan 180.000 pekerja di Sulut ini, rencananya akan diluncurkan dalam waktu dekat ini," kata Kepala BPJAMSOSTEK Sulut Mientje Wattu di Manado, Rabu.

Pihaknya telah melaporkan langsung kepada Gubernur Sulut Olly Dondokambey tentang program itu dan telah mendapat dukungan penuh untuk pelaksanaannya.

"Pekerja informal ini akan dilindungi jaminan kematian dan jaminan kecelakaan kerja," katanya.

Kadisnakertrans Provinsi Sulawesi Utara Erny Tumundo mengatakan kesiapan peluncuran serentak 180.000 pekerja sekabupaten dan kota di Provinsi Sulawesi Utara sekaligus penyerahan piala dan piagam Paritrana Award kepada Provinsi Sulawesi Utara dan penghargaan dari BPJAMSOSTEK kepada pemerintah kota/kabupaten di daerah tersebut.

Erny mengatakan Gubernur Sulut merespons kegiatan ini dengan luar biasa.

Pihaknya menaruh perhatian lebih kepada masyarakat Sulawesi Utara, terlebih program perlindungan pekerja ini telah banyak menjadi rujukan nasional.

Gubernur, katanya, memastikan pembayaran iuran untuk masyarakat Sulut telah dilaksanakan, baik ditingkat provinsi maupun kabupaten dan kota.

"Tim dipastikan untuk mengawal dengan baik apa yang menjadi program perlindungan pada masyarakat Sulawesi Utara," katanya.

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024