Manado (ANTARA) - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) melakukan sosialisasi transaksi perdagangan online Sistem Pasar Lelang Terpadu (SPLT) Tahun 2021 di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

"Kami melakukan kegiatan bimbingan teknis guna memperkenalkan pada penjual dan pembeli transaksi secara online menggunakan SPLT," kata Kepala Disperindag Sulut Edwin Kindangen, di Manado, Kamis.

Dia mengatakan tujuan diselenggarakannya bimbingan teknis SPLT ini adalah untuk pengenalan teknis SPLT dalam mempermudah transaksi perdagangan komoditas di Sulut.

"Sekaligus bertujuan mencetak sumber daya manusia yang menguasai SPLT sehingga sistem tersebut dapat diimplementasikan dalam penyelenggaraan pasar lelang komoditas," kata Edwin.

Kabid Dagri Disperindag Sulut Ronny Erungan mengatakan Sistem Pasar Lelang Terpadu ini tujuanya tentu untuk mempermudah  transaksi perdagangan komoditas.

"Dengan cara yang lebih mudah seperti transaksi digital, sekaligus juga mempersiapkan SDM/operator di kabupaten kota untuk dapat terus mencermati informasi terkini terkait SPLT ini.

Hal ini juga, sejalan dengan pentingnya sinergi antara Sistem Resi Gudang (SRG) dan Pasar Lelang Komoditas dalam rangka meningkatkan efisiensi perdagangan.

SRG dapat dioptimalkan pemanfaatannya sebagai sarana tunda jual, agar harga komoditas tidak anjlok, sehingga pelaku usaha tidak dirugikan.

Pihaknya berupaya juga untuk mensejahterakan petani di sekitarnya, sehingga sangat relevan dengan pengembangan SPLT dan SRG.


Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024