Manado, (Antara Sulut) - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Sulawesi Utara akan calonkan figur yang dapat meraih kemenangan saat Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Minahasa.

"Tentunya yang akan dicalonkan pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Minahasa, adalah orang yang akan menang," kata Wakil Sekretaris PDIP, James Sumendap di Manado Senin.

James Sumendap mengatakan, PDIP akan melakukan survey terhadap figur yang akan maju dalam Pilkada nanti.

"Survey tersebut antara lain beberapa calon yang saat ini lagi ramai melakukan sosialisasi dalam menghadapi Pilkada tersebut," kata Sumendap tanpa merinci.

Kalau calon tersebut bukan dari partai, kata Sumendap, bagaimana komitmen calon tersebut terhadap partai dan masyarakat.

"Bagi saya pribadi, ketika ada komitmen besar dengan masyarakat maka calon itu pasti akan memiliki komitmen dengan partai," kata Sumendap.

Sumendap mengatakan, akan melihat orang tepat untuk memimpin Minahasa kedepan.

"Selain itu orang yang memiliki kemampuan dan juga kekuatan untuk memenangkan pertarungan dalam Pilkada nanti, itu kuncinya," katanya.

Menurut Sumendap, PDIP terbuka untuk melakukan koalisi dengan partai lainnya karena PDIP merupakan partai terbuka.

"Mau koalisi atau tidak, pokoknya satu tekad PDIP harus menang pertarungan di Minahasa. Tidak boleh tidak harus menang," kata Sumendap.

Terkait peluang dari kader partai untuk maju, Sumendap mengatakan, semua kader memiliki peluang yang sama.

"Semua kader patai berkeinginan untuk maju sebagai calon bupati maupun wakil bupati miliki peluang yang sama," katanya.

Dia menambahkan, siapapun yang berkeinginan untuk menyosialisasikan diri dan mencalonkan diri sebagai calon bupati dan wakil bupati di Minahasa berpeluang sama.***1***










Pewarta : Jorie Darondo
Editor : Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024