Manado, (Antara Sulut) - Wali Kota Manado, Vicky Lumentut. mengajak seluruh Warga Manado untuk menjaga memelihara dan melestarikan sungai-sungai yang ada di Manado, dengan cara menjaga kebersihannya. 

"Kedepan sungai-sungai akan kita jadikan sebagai aset wisata, sehingga harus dijaga kebersihannya dan masyarakat yang diberikan kesempatan tinggal di bantaran sungai punya kewajiban untuk menjaga kebersihan sungai," kata Lumentut, saat memimpin bersih-bersih sungai yang dilakukan bersama Kepolisian Resor Kota Manado bersama Kodim 1309/Manado, Jumat. 

Lumentut saat tiba di lokasi langsung melakukan peninjauan di sungai Sario bersama dengan Kapolresta Manado Komisaris Besar Polisi Amran Ampulembang di Manado, dan perwakilan dari Kodim 1309/Manado memeriksa kondisi sungai Sario sambil mengajak seluruh warga Manado menjaga kebersihan sungai. 

Usai melakukan pemeriksaan di Sungai Sario, Lumentut bersama Kapolresta dan Perwakilan Kodim 1309/Manado berjalan kaki menyusuri bantaran sungai Sario dan menemui masyarakat yang ada di sekitar kawasan tersebut, sekaligus melihat dari dekat kondisi masyarakat di tempat itu. 

Wali Kota menemui warga di rumah-rumah mereka, terutama yang akan digusur di kawasan Sario Utara dan bertanya mengenai kondisi sekaligus mengajak mereka untuk memelihara lingkungan dan mengingatkan masyarakat mengenai pentingnya menjaga kebersihan sungai, karena sungai juga adalah sumber kehidupan. 

Setelah menyisir sungai dan bantaran sungai Sario, Wali Kota Manado juga menyinggahi lokasi jualan ole-ole khas Manado, yakni tempat jualan ikan fufu serta bertanya-tanya bagaimana kondisi dagangannya apakah bersih atau tidak, dan apakah selalu diperiksa oleh BPOM dan Dinkes atau tidak. 

Para Wali Kota Lumentut juga menyempatkan diri mendengarkan para pedagang ikan fufu mengenai adanya oknum-oknum polisi pamong praja yang selalu datang menakut-nakuti mereka dan mengangkuti dagangannya, padahal menurut mereka lokasinya tidak mengganggu jalan dan ketertiban umum. 

"Yah saya akan menindaklanjuti hal ini dan tentu saja akan menanyakan latarbelakang tindakan mereka, tetapi saya tetap minta supaya pedagang mendukung pemerintah menjadikan Manado sebagai kota yang aman dan nyaman sesuai dengan visi dan misi yang kami miliki," kata Lumentut.

Wali Kota Vicky Lumentut juga melihat-lihat sejumlah peninggalan bersejarah di Sario Utara yang sudah lama, yang bisa dijadikan sebagai aset wisata untuk mendukung program pemerintah Kota Manado, mendatangkan wisatawan ke kota ini.

Lumentut juga menyampaikan terima kasihnya kepada seluruh anggota Kepolisian Republik Indonesia Resor Kota Manado yang sudah melakukan program bersih-bersih sungai di Sario, karena sudah sangat membantu masyarakat Manado serta pemerintah, apalagi menjelang penilaian adipura tahap satu. 

"Saya sangat berterima kasih kepada seluruh anggota Polresta Manado, karena sudah membantu Pemkot Manado, kami berharap di kali-kali mendatang, kerjasama antara polisi dan Pemkot dalam membersihkan lingkungan ini akan terus terjalin," kata Lumentut. 

Kapolresta Manado Komisaris Besar Polisi Amran Ampulembang mengatakan sangat senang bisa membantu masyarakat dan pemerintah kota Manado dalam gerakan bersih-bersih sungai. 

Sebab ini adalah salah satu bentuk kepedulian polisi terhadap lingkungan dan kebersamaan dengan pemerintah kota bukan hanya menjaga keamanan, serta melayani masyarakat tetapi juga membersihkan, menjaga dan melestarikan lingkungan. 

Bersih-bersih lingkungan di Sungai Sario ini melibatkan seluruh anggota Polresta Manado, Tentara dari Kodim 1309/Manado, jajaran pemerintah kota Manado di Kecamatan Sario, Badan Lingkungan Hidup, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Manado serta Dinas Kebersihan dan Pertamanan Manado. 

Pewarta : Joice Bukarakombang
Editor : Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024