Tahuna, (Antara News) - Pasangan Hironimus Rompas Makagansa/Jabes Esar Gaghana unggul sementara pada Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Sangihe, Provinsi Sulawesi Utara, di sejumlah tempat pemungutan suara (TPS) di Tahuna, Rabu.

Pemantauan ANTARA, pada 12 TPS di Tahuna dari enam pasangan yang ikut Pilkada itu, pasangan Makagansa/Gaghana yang diusung PDI Perjuangan, meraih sekitar 1.476 suara.

Disusul pasangan Winsulangi Salindeho/Siegfried Takarangkian Makagansa diusung Partai Golkar meraih 979 suara, Toni Sampakang/Dachlan Machmud diusung gabungan partai DPRD Sangihe 781 suara.

Kemudian pasangan Ernes Rokinaung/ Risald Paul Makagansa diusung Partai Persatuan Daerah 466 suara, Santrawan Totone Paparang/Jimmi Rimpan Oleng diusung Partai Demokrat dan PKPB 186 suara serta Dikson Tatinting/Femmy Mahmudi diusung partai gabungan non DPRD meraih 55 suara.

Pemantauan 12 TPS di Tahuna itu masing-masing di TPS  2 Kelurahan Tona 2, TPS 3 Kelurahan Santiago, TPS 1 Kelurahan Bungalawang, TPS 3 Kelurahan Apengsembeka,  TPS 1 Kelurahan Sawang Bandar, TPS 1 Kelurahan Solatorara 2, TPS 3 Kelurahan Solotorara.

Kemudian TPS 2 Kelurahan Dumuhung,  TPS 1 Kelurahan Tona II dan TPS 1, TPS 2 serta TPS 3 Kelurahan Tidore.

Dari 12 TPS tersebut, pasangan Winsulangi/Makagansa hanya unggul di TPS 2, kemudian pasangan  Toni Sampakang/Dachlan Machmud unggul di TPS 1, TPS2, TPS 3 Kelurahah Tidore.

Sedangkan pada delapan TPS lainnya, pasangan HR Makagansa/Jabes Esar Gaghana meraih suara terbanyak.

Sementara itu para pendukung pasangan HR Makagansa/ Jabes Gaghana usai pelaksanaan penghitungan suara melakukan konvoi kendaraan.

Para pendukung pasangan tersebut dengan menggunakan kendaraan roda dua dan empat dengan membawa bendera PDI Perjuangan, mengeliligi ruas jalan di Kota Tahuna sambil mengeluk-elukan calon mereka.

Pada Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Sangihe periode 2011-2016 tersebut terdapat sekitar 106.105 pemilih yang melakukan pemilihan pada 315 TPS di 15 PPK.

Pewarta : Jorie Darondo
Editor : Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024