Minahasa Tenggara, Sulut (ANTARA) - Sejumlah kabupaten dan kota di Provinsi Sulawesi Utara mengirimkan bantuan penanganan bencana setelah banjir bandang  melanda Kabupaten Minahasa Tenggara pada Senin (20/9).

"Pemerintah kabupaten dan kota serta pemerintah provinsi mengirimkan bantuan penanganan bencana, baik personel maupun kebutuhan warga terdampak," kata Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah Minahasa Tenggara Olga Waas di Ratahan, Minahasa Tenggara, Rabu.

Dia mengungkapkan, sejumlah daerah yang mengirimkan bantuan personel yakni Kota Manado, Bitung, Tomohon, Kabupaten Minahasa dan Minahasa Utara.

"Mereka mengirimkan tim reaksi cepat beserta sejumlah mobil pemadam untuk membersihkan material banjir bandang di rumah warga," ujarnya.

Personel bantuan dari kabupaten dan kota ini langsung bekerja membantu warga yang terdampak guna membersihkan material banjir bandang yang tersisa.

Sementara bantuan untuk pemenuhan kebutuhan masyarakat berasal dari pemerintah provinsi, Kota Tomohon, Manado, Bitung dan Pemkab Kepulauan Sitaro.

"Bantuan yang diberikan adalah bahan makanan di antaranya beras, makanan kaleng serta minyak goreng," ujarnya.

Ia menambahkan, bantuan untuk pemenuhan kebutuhan masyarakat tersebut langsung didistribusikan kepada warga masyarakat yang menjadi korban bencana.

Pewarta : Jerusalem Mendalora
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024