Manado (ANTARA) - DPC Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kabupaten Kediri, Jawa Timur, menggelar vaksinasi COVID-19 massal di daerah ini untuk mendukung pemerintah mencapai kekebalan kelompok atau "herd immunity".

"Untuk vaksinasi disediakan 5 ribu dosis yang dibagi di 10 titik. Hari ini lima titik, besok lima titik," kata Ketua DPC PDIP Kabupaten Kediri Murdi Hantoro di Kediri, Rabu.

Ia mengatakan pelaksanaan vaksinasi ini merupakan bentuk dukungan partai kepada Pemerintah Kabupaten Kediri demi mempercepat capaian vaksinasi. Dengan semakin banyak warga yang divaksinasi COVID-19, maka harapan untuk tercapainya herd immunity segera terwujud.

Menurut dia, pelaksanaan vaksinasi berjalan lancar dan tertib. Beberapa desa yang menggelar vaksinasi, antara lain Desa Sumberjo,  Kecamatan Ngasem,  Kecamatan Purwoasri, Badas, Kandangan, dan Kepung.

Untuk rencana vaksinasi pada Kamis (23/9) digelar di Kecamatan Ngancar, Wates, Ngadiluwih, Mojo, dan Grogol.

"Masyarakat kami beri undangan sehingga jangan sampai yang sudah membawa undangan tidak tervaksin," kata dia.

Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana mengapresiasi langkah PDIP menggelar vaksinasi untuk warga.

"PDIP telah membantu Pemerintah Kabupaten Kediri memerangi COVID-19 dengan melaksanakan vaksinasi massal kurang lebih 5 ribu dosis yang akan disuntikkan di 10 titik. Untuk sasaran kami prioritaskan 12 tahun ke atas dan lanjut usia," kata Bupati Kediri.

Ia menambahkan saat ini capaian vaksinasi COVID-19 di Kabupaten Kediri masih sekitar 28 persen. Untuk dosis pertama sekitar 600 ribu warga, sedangkan dosis kedua sekitar 300 ribu warga.

"Saya berharap dalam satu dan dua pekan ini sudah menyentuh angka 40 persen," katanya.

Di Kabupaten Kediri, hingga Selasa (21/9) terdapat 13.879 orang terkonfirmasi positif COVID-19. Terdapat 85 orang masih dirawat, 12.621 orang sembuh, dan 1.173 orang meninggal dunia.

Pewarta : Asmaul Chusna
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024