Sangihe, Sulut (ANTARA) - Sekretaris Dinas Perhubungan Kabupaten Kepulauan Sangihe, Jacky Kumontoy mengatakan, pemerintah  daerah terus berupaya menyiapkan armada untuk transportasi laut bagi warga yang ada di wilayah kepulauan.

"Kami terus berupaya menyiapkan armada transportasi laut yang bisa digunakan oleh masyarakat di wilayah kepulauan," katanya di Tahuna, Jumat.

Tahun ini kata dia, melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) dari Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) telah dialokasikan untuk pengadaan sarana transportasi laut bagi warga di kepulauan Lipang Kecamatan Kendahe.

Dia mengatakan armada yang sama juga pernah diberikan kepada warga masyarakat di wilayah kepulauan Nusa Tabukan.

"Pengadaan kapal seperti ini di lakukan sebagai bentuk perhatian pemerintah terhadap kebutuhan transportasi masyarakat di wilayah kepulauan yang ada di Kabupaten Sangihe," kata dia.

Selama ini kata dia, masyarakat yang ada di wilayah pulau menggunakan transportasi yang disiapkan oleh warga setempat.

"Secara bertahap, pemerintah Kabupaten Sangihe terus mewujudkan kerinduan warga untuk memperoleh fasilitas transportasi yang memadai," kata dia.

Dia mengatakan, untuk wilayah Kecamatan Marore, sampai saat ini dilayani oleh kapal perintis yang telah terjadwal setiap minggu.

"Setiap minggu ada kapal perintis yang melayani transportasi di wilayah Kecamatan Kepulauan Marore," kata dia.

Pewarta : Jerusalem Mendalora
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024