Manado (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) mendorong warga agar memiliki rekening Bank Sulawesi Utara dan Gorontalo (Sulutgo).

"Hal ini guna membantu masyarakat dalam bertransaksi keuangan agar lebih muda dan aman," kata Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Yasti S Mokoagow, di Manado, Kamis.

Dia mengatakan untuk mendorong hal tersebut, kali ini PDAM Kabupaten Bolmong melakukan kerja sama bersama Bank SulutGo untuk Pembayaran tagihan rekening air minum.

Kerja sama ini bertujuan untuk menambah jaringan agar pelanggan PDAM Kabupaten Bolaang Mongondow yang memiliki rekening Bank SulutGo dapat melakukan transaksi pembayaran tagihan rekening air setiap bulannya melalui ATM Bank SulutGo, atau semua channel Bank SulutGo.

Bagi PDAM kerja sama ini bertujuan untuk meningkatkan transparansi, akuntabilitas, aksebilitas dan tracking terhadap historis pembayaran yang dilengkapi dengan data administrasi.

Dalam hal ini, katanya, meningkatkan kepuasan Pelanggan di wilayah Bolmong dalam melakukan pembayaran tagihan air.

Serta, katanya, mengurangi tingkat kekeliruan dalam pencatatan keuangan PDAM. Maka solusi yang tepat adalah dengan pembayaran Non Tunai. 

Dirut BSG Revino Pepah mengatakan penerimaan pembayaran tagihan air ini selain untuk mendukung pemerintah dalam program Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) melihat PDAM merupakan BUMD Kabupaten Bolaang Mongondow, juga bertujuan untuk meminimalisir terjadinya kesalahan dalam pencatatan transaksi keuangan dan penguapan dana oleh oknum-oknum tertentu.

"Jadi ke depan ketika ada pemeriksaan tidak lagi repot, karena semua transaksi dilakukan secara online," jelasnya.

Pembayaran tagihan air ini juga dapat memudahkan pemerintah daerah & PDAM sendiri dalam memantau transaksi keuangan dan mengoptimalisasi proses pengelolaan keuangan PDAM yang tertib, transparan dan akuntabel sehingga meningkatkan Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Bolaang Mongondow.

Dengan pembayaran rekening tagihan air masyarakat akan memperoleh manfaat, yaitu memberikan kemudahan kepada pelanggan dalam melakukan pembayaran tagihan air.

PDAM dapat memantau kondisi keuangan terkini melalui rekening koran setiap saat secara elektronik, mengurangi resiko Pungutan liar ataupun penguapan dana oleh oknum-oknum tertentu, mempermudah dalam membuat laporan bulanan/tahunan.

Membuka kerja sama lainnya dalam hal penyaluran kredit investasi, payroll pegawai PDAM & elektronifikasi lainnya.


Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024