Manado (ANTARA) - Wali Kota Bitung, Provinsi Sulawesi Utara(Sulut), Maurits Mantiri mengatakan pemerintah kota (Pemkot) fokus membantu warga kurang mampu di kota pelabuhan tersebut.

"Sejumlah program direalisasikan guna berupaya mengurangi beban warga kurang mampu," kata Wali Kota Bitung Maurits , di Bitung, Rabu.

Dia mengatakan salah satu lewat program BPJS Kesehatan yang mengcover warga kurang mampu dengan menggunakan dana pemerintah atau APBD.

"Lewat program BPJS Kesehatan ini, kami ingin warga kurang mampu agar bisa tetap bertahan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari,” kata Maurits.

Ia mengatakan, salah satu fokus adalah pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat, terutama warga kurang mampu.

Salah satu upaya merealisasikan itu adalah dengan memberikan bantuan kepada warga kurang mampu dengan harapan kelak mereka bisa mandiri,” katanya.

Dengan BPJS Kesehatan ditanggung pemerintah, kata dia, maka beban warga kurang mampu akan berkurang dan lebih fokus ke mencari nafkah untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

“Selain BPJS Kesehatan, program biaya sekolah gratis juga adalah bagian dari doping bagi warga kurang mampu. Dan kami masih sementara mencari cara untuk membantu pemenuhan kebutuhan lainnya agar slogan sejahtera benar-benar dirasakan rakyat Kota Bitung,” jelasnya.

Pihaknya juga mengajak seluruh ASN Pemkot Bitung agar tetap memiliki kepekaan terhadap masyarakat yang butuh bantuan.

"Kita semua diberi tanggung jawab untuk memiliki kepedulian sosial terhadap masyarakat,” katanya.


Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024