Manado (ANTARA) - Pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud) Sam Ratulangi Manado terus melakukan "Serbuan Vaksinasi" kepada masyarakat Sulawesi Utara guna menangani pandemi COVID-19 di daerah itu.

“Alhamdulillah, puji Tuhan, kembali Lanud Sam Ratulangi dapat menyelenggarakan 'Serbuan Vaksinasi', kali ini dilaksanakan selama dua hari, Sabtu (21/8) dan hari ini, Minggu," kata Komandan Lanud Sam Ratulangi Manado Marsma TNI Mohamad Satriyo Utomo di Manado, Minggu.

Dia mengatakan kegiatan itu berdasarkan instruksi terkait dengan upaya mendukung program pemerintah menangani pandemi virus.

"TNI khususnya TNI AU secara berjenjang dari Panglima TNI, Kasau, Pangkoopsau II, memerintahkan kepada lanud jajaran termasuk Lanud Sam Ratulangi untuk melaksanakan 'Serbuan Vaksinasi' ini," katanya.

Pada kegiatan di Balai Prajurit Lanud Sam Ratulangi, pihaknya menyediakan 453 vial vaksin dosis kedua Sinovac dan 16 vial Astra Zeneca.

Vaksin Astra Zeneca ini disiapkan untuk masyarakat yang belum melaksanakan vaksinasi sama sekali, terutama yang belum mendapatkan vaksinasi Sinovac dosis kedua.

"Serbuan Vaksinasi" itu gratis bagi anak-anak usia 12 tahun ke atas, dewasa, maupun lansia dengan tujuan membentuk kekebalan komunal di masyarakat Sulut dari penularan COVID-19.

“Agar masyarakat Sulut terbentuk komunitas yang memiliki kekebalan tubuh yang baik dalam rangka untuk menangkal virus COVID-19 yang masih melanda Indonesia dan dunia. Mudah-mudahan dengan adanya percepatan 'Serbuan Vaksinasi' dapat menuntaskan COVID-19," katanya.

Ia menjelaskan pentingnya upaya bersama mengatasi pandemi di daerah itu agar kehidupan bisa pulih.

"Sehingga kita dapat menjalani kehidupan normal kembali. Saya mengajak masyarakat agar segera datang ke Balai Prajurit untuk menerima vaksin," katanya.

Pewarta : Jorie MR Darondo
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024