Minahasa Tenggara, Sulut (ANTARA) - Sejumlah penyelam di Sulawesi Utara melaksanakan upacara di dasar laut perairan Kabupaten Minahasa Tenggara, dalam rangka peringatan Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76.

"Penyelaman ini kami laksanakan sebagai bagian untuk ikut memperingati dan memeriahkan hari kemerdekaan Indonesia dan kami memilih dilaksanakan di dalam laut," kata Ketua Tim Penyelaman Eping Tololiu di Ratahan, Selasa.



Kata dia, upacara ini dilaksanakan di kedalaman 10 meter dan seluruh peserta merupakan penyelam profesional.

"Para peserta upacara ini sudah mempunyai pengalaman dan mempunyai sertifikat menyelam serta mempunyai keinginan untuk menggelar upacara di dalam laut," katanya.



Selain menggelar upacara, menurut Eping ini menjadi bagian dalam mempromosikan keindahan bawah laut di perairan Minahasa Tenggara.

"Kami juga mempunyai tujuan untuk mempromosikan pariwisata daerah. Apalagi kawasan laut Minahasa Tenggara mempunyai potensi dan keindahan yang tidak kalah dengan di tempat lain," jelasnya.



Dia menambahkan, pelaksanaan tersebut juga mendapatkan dukungan dari Bupati Minahasa Tenggara James Sumendap dan Dinas Perikanan.

"Kami juga mengapresiasi, karena ada dukungan dari pemerintah daerah. Kami berharap agenda seperti ini dapat dilaksanakan di tahun mendatang," katanya.

Pewarta : Jerusalem Mendalora
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024