Tomohon (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tomohon, Sulawesi Utara (Sulut) mendorong angka partisipasi pemilih melalui Program Kelurahan Peduli Pemilu.

"Peduli pemilu merupakan program KPU pusat dengan tujuan di antaranya meningkatkan kuantitas dan kualitas partisipasi pemilih serta membangun kesadaran politik masyarakat agar menjadi pemilih yang berdaulat," kata Ketua KPU Tomohon, Harryanto Lasut MAP di Tomohon, Jumat.

Program ini, sebut dia, merupakan program nasional yang dilaksanakan oleh KPU RI dan berlaku juga di daerah di Sulut termasuk Kota Tomohon sebagai komitmen untuk membangun tentang kelurahan sadar atau peduli pemilu.

"Program Kelurahan Peduli Pemilu merupakan sarana pendidikan pemilih masyarakat kelurahan guna meningkatkan pengetahuan dan partisipasi kepedulian terhadap pemilu," ujarnya.

Komisi Pemilihan Umum dan Pemerintah Kota Tomohon melakukan penandatanganan kesepakatan bersama tentang Program Kelurahan Peduli Pemilu tersebut.

Wali Kota Tomohon Caroll J A Senduk mengatakan, pemerintah kota memberikan apresiasi kepada KPU Tomohon yang telah berinisiasi melaksanakan program tersebut.

"Pemerintah daerah tentu berharap program ini dapat membantu meningkatkan kesadaran masyarakat akan pelaksanaan serta turut menyukseskan pemilu sehingga tercipta demokrasi yang baik di Kota Tomohon," ujarnya.

Pemerintah kota kata dia, akan mendukung penuh program KPU saat ini dalam rangka menegakkan demokrasi di Kota Tomohon.

"Dari program ini juga diharapkan seluruh masyarakat Kota Tomohon lebih sadar terhadap pelaksanaan pemilu nanti," katanya.

Pemkot juga mengapresiasi KPU Tomohon yang sukses menyelenggarakan pilkada dan mendapatkan penghargaan KPU pusat dalam kaitannya dengan tingkat pemilih yang cukup tinggi.

"Suksesnya program sadar pemilu tentu harus ada keterlibatan dari semua pihak.

Pastinya ke depan kegiatan KPU Kota Tomohon seperti sosialisasi akan lebih menambah kesadaran masyarakat terhadap pemilu," ujarnya.
 


Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024