Manado (ANTARA) - Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) VIII melaksanakan Serbuan Vaksinasi di Pulau Manado Tua, tepatnya di Kampung Bualo, Kecamatan Bunaken Kepulauan, Sulawesi Utara, Selasa.

Komandan Lantamal (Danlantamal) VIII Brigadir Jenderal TNI (Mar) I Wayan Ariwijaya, yang memantau pelaksanaan serbuan vaksin tersebut mengatakan bahwa TNI AL dalam hal ini Lantamal VIII melakukan vaksinasi masyarakat pesisir di Pulau Manado Tua yang sebagian besar masyarakatnya bermata pencaharian sebagai nelayan.

"Kegiatan vaksinasi ini menargetkan 300 orang," kata Danlantamal.

Ia mengatakan sebelumnya tempat ini telah dilaksanakan vaksin pertama oleh Pemerintah Daerah, karena itu Lantamal VIII hadir kembali untuk memberikan vaksin dosis kedua serta dosis pertama kepada masyarakat yang belum pernah divaksin.

"Diharapkan dengan serbuan vaksinasi dari Lantamal VIII dapat mencegah penularan COVID-19, meskipun di daerah ini belum ada kasus, semoga sampai dengan pandemi berakhir tetap tidak ada kasus terkonfirmasi COVID-19",katanya.

Ia menambahkan, namun demikian kepada masyarakat setempat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan.

Serbuan Vaksinasi COVID-19 tersebut dilakukan Lantamal VIII dalam rangka membantu program pemerintah untuk memutus rantai penyebaran COVID-19 sekaligus melaksanakan instruksi Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono.

Lantamal VIII pada Serbuan Vaksinasi tersebut menyiapkan 300 dosis vaksin jenis Astrazeneca dan Zinovac untuk masyarakat nelayan serta mengerahkan dokter dan perawat dari Dinas Kesehatan Lantamal VIII.

Dalam peninjauan pelaksanaan COVID-19 di Pulau Manado Tua yang berjarak 10 mil laut dari Kota Manado, Danlantamal Ariwijaya didampingi sejumlah pejabat utama Lantamal VIII.

Pewarta : Jorie MR Darondo
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024