Manado (ANTARA) - Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) VIII kembali melaksanakan serbuan vaksinasi masyarakat maritim di wilayah destinasi super prioritas yang belum tersentuh vaksinator, di Desa Kalinaun Likupang, Minahasa Utara, Sulawesi Utara, Kamis.

"Serbuan vaksinasi masyarakat maritim adalah perintah langsung Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, untuk memutus penyebaran COVID-19," kata Danlantamal Brigadir Jenderal TNI (Mar) I Wayan Ariwijaya, saat memantau kegiatan itu.

Danlantamal Ariwijaya mengatakan target dari serbuan vaksinasi di Desa Kalinaun ini sebanyak 300 orang.

"Masyarakat di sini sebagian besar bermata pencaharian sebagai nelayan, disamping itu juga wilayah yang menjadi destinasi super prioritas belum terjangkau kegiatan vaksinasi. Oleh karena itu Serbuan Vaksinasi masyarakat maritim kita laksanakan di Desa Kalinaun ini dalam rangka memutus rantai penularan COVID-19," katanya.

Danlantamal menyampaikan bahwa antusias masyarakat di wilayah destinasi super prioritas untuk vaksinasi sangat tinggi.

Dalam kegaiatan ini, katanya, pihaknya berkoordinasi dan terus berkomunikasi dengan pemerintah daerah setempat dalam rangka kegiatan serbuan vaksinasi masyarakat maritim.

"Mengimbau kepada masyarakat, meskipun sudah divaksin agar tetap menjaga kesehatan dan selalu mematuhi protokol kesehatan dengan menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak serta menghindari kerumunan," katanya.

Hukum Tua Desa Kalinaun Hart Tinungki mengatakan terima kasih kepada TNI AL karena telah melaksanakan vaksinasi di wilayahnya.

"Semoga dengan vaksinasi yang diselenggarakan oleh Lantamal VIII dapat menekan penularan virus COVID-19 di desa kami,"katanya.

Pada serbuan vaksinasi tersebut, Dinas Kesehatan (Diskes) Lantamal VIII menggandeng Puskesmas Likupang Timur dengan target 300 dosis vaksin jenis Zinovac serta mengikutsertakan tiga dokter umum dan puluhan tenaga kesehatan.

Pewarta : Jorie MR Darondo
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024