Bitung, (Antaranews) - Kepolisian Sektor (Polsek) Bitung tengah mengejar 15 pelaku yang tergabung dalam sindikat pencurian dan kekerasan (Curas) terhadap korban Billy Tindige (18), Warga Kelurahan Madidir Unet, lingkungan IV.

Kapolsek Bitung Tengah, Kompol Muhammad Zamroni, di Bitung, Minggu mengatakan, setelah berhasil meringkus tiga pelaku Curas yakni Rino, Buang dan Amang, yang merupakan warga Madidir Unet, kini dari informasi yang berkembang, ada sedikitnya 15 pelaku lagi masuk dalam komplotan tersebut.

"Kami masih melakukan pencarian terhadap pelaku pencurian kendaraan roda dua berjenis Yamaha Mio DB 5300 CR disertai kekerasan menggunakan 'panah wayer', namun dari keterangan yang berhasil kami himpun, masih ada sekitar 15 pelaku lagi ikut didalamnya," ungkap Zamroni.

Adapun barang bukti yang telah disita berupa satu unit motor, satu buah "panah wayer" dan satu buah parang yang digunakan para korban.

"Terhadap pelaku Curas ini, mereka dikenai pasal 365 KUHP dengan ancaman kurungan sembilan tahun," ungkap Zamroni.

Dia mengatakan, sampai saat ini anggotanya tetap melakukan pencarian terhadap pelaku Curas lainnya.

Adapun kronologis kejadian itu, ungkap Zamroni, peristiwa curas ini terjadi pada Jumat dini hari, saat korban melintas di area Kelurahan Madidir Unet, kemudian korban dihadang dengan parang oleh para tersangka yang saat itu berkumpul dengan teman-temannya.

Korban kemudian menghindar lalu dipanah oleh salah satu tersangka dan mengenai perut bagian kiri dan akhirnya korban terjatuh. Akibat ketakberdayaan korban, akhirnya para tersangka membawa lari motor korban dan meninggalkan lokasi kejadian, yang saat itu juga motor dibawa oleh pelaku Buang ke rumah ibunya di Kema, Kabupaten Minahasa Utara.

Atas kejadian tersebut, Polsek Bitung mendapatkan laporan dan langsung menuju TKP, namun sayangnya keadaan di TKP sudah sepi, bahkan awalnya sulit mencari saksi.

Setelah beberapa kali bolak-balik disekitar kejadian, akhirnya pihaknya mendapatkan saksi dan langsung memberikan keterangan. "Dari proses itulah sehingga kami mendapatkan tiga pelaku," ujar Zamroni.

Zamroni mengatakan, dalam pengejaran itu juga, pihaknya menurunkan sejumlah anggota Buser dan intel Polres, serta dibantu oleh Babinsa Kodim 1309 Bitung.

Kuat dugaan, lanjut Zamroni, sejumlah pelaku Curas itu adalah remaja yang masih dibawah umur.

Pewarta :
Editor :
Copyright © ANTARA 2024