Manado (ANTARA) - Sebanyak 1.361 kepala keluarga terdampak cuaca ekstrem angin kencang dan gelombang tinggi di Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara (Sulut) mendapatkan bantuan beras dari pemerintah provinsi yang diserahkan Gubernur Olly Dondokambey, Kamis.

"Total bantuan beras yang diserahkan dari cadangan pangan Pemerintah Provinsi Sulut yang dikelola Dinas Pangan Daerah sebanyak 26,05 ton," sebut Gubernur
Olly saat melihat vaksinasi massal di Pulau Kakorotan, Kabupaten Kepulauan Talaud.

Bantuan beras sebanyak 5,15 ton ini nantinya disebar untuk 288 kepala keluarga di Kecamatan Kepulauan Miangas, dan sebanyak 20,90 ton untuk 1.073 kepala
keluarga di sembilan desa yang ada di Kecamatan Nanusa.

Bantuan beras ini diserahkan Gubernur Olly kepada Bupati Talaud Elly Lasut, diawali masyarakat Desa Kakorotan sebanyak 3.750 kilogram untuk 195 kepala keluarga.

Gubernur Olly juga berkomitmen akan membantu warga di pulau Kakorotan yang merupakan salah satu desa terpencil di Sulut itu.

“Sudah disampaikan tadi. Seperti perbaikan jalan lingkar, bantuan listrik dan bantuan rumah ibadah,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Bank SulutGo (BSG) juga ikut menyerahkan bantuan seperangkat kursi dan meja untuk lembaga adat di pulau itu.

Direktur Utama BSG Revino Pepah berharap bantuan yang diberikan ini tidak dilihat dari jumlahnya, melainkan dari fungsinya, karena ini sesuai dengan permintaan desa khususnya lembaga adat.

“Walaupun nilainya ekonomis mungkin belum terlalu signifikan, tapi fungsinya sangat diperlukan desa ini,” ujarnya sambil menambahkan bahwa BSG berkomitmen membantu daerah-daerah di pulau perbatasan.***3***

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024