Manado (ANTARA) - Tim Penggerak PKK Kota Bitung membantu bahan pangan untuk korban kebakaran Pasar Tua Kota Bitung, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

"Kami peduli, dengan membantu bahan makanan kepada para korban kebakaran," kata Ketua TP PKK Kota Bitung Rita Mantiri Tangkudung, di Bitung, Kamis.

Dia mengatakan, pihaknya mendatangi posko kebakaran pemukiman padat Komplek Pasar Tua Kelurahan Bitung Tengah Lingkungan IV Kecamatan Maesa.

Kedatangan Rita bersama sejumlah pengurus TP PKK untuk menyerahkan sejumlah bantuan di Taman Kesatuan Bangsa (TKB) yang dijadikan Posko penanganan korban kebakaran Pasar Tua.

Dia mengatakan, bantuan yang diserahkan adalah 300 paket makanan siap saji, 10 dus makanan ringan dan 10 karton air mineral.

“Bantuan ini merupakan bentuk keprihatinan kami selaku Ketua dan pengurus TP PKK Kota Bitung bagi warga yang terdampak bencana kebakaran,” kata Rita.

Pihaknya masih menunggu data lengkapnya dari dinas dan pemerintah kelurahan yang terkait serta akan menindak lanjut serta memetakan apa saja yang bisa di bantu untuk disalurkan nanti,” katanya.

Selain menyerahkan bantuan, Rita juga mengecek kesiapan dapur umum dan tenda-tenda pengungsian yang disiapkan Pemkot bersama Forkopimda.

Iapun meminta agar para perempuan dan anak-anak yang menjadi korban agar mendapat penanganan dan perhatian khusus, utamanya dari segi kesehatan.

Dalam peristiwa seperti ini, perempuan dan anak-anak paling terdampak, sehingga perlu penanganan serta perhatian khusus,” katanya.

Dirinyapun mengaku akan berkoordinasi dengan dinas terkait seperti Dinas Perlindungan Perempuan dan Anak, Dinas Kesehatan dan Dinas Sosial agar perempuan serta anak-anak mendapat perhatian.

“Mari kita bergotong royong membantu saudara-saudara kita agar bisa kembali pulih dari trauma peristiwa kebakaran,” katanya.


Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024