Manado (ANTARA) - Bank Indonesia (BI) bersama dengan tim pengendali inflasi daerah (TPID) mendorong program gerakan kemandirian pangan guna menekan angka inflasi di Kota Manado pada Juni 2021.

"Beberapa langkah yang dapat dilakukan antara lain dengan mengoptimalkan gerakan kemandirian pangan melalui Program Barito (Bertanam Bawang, Rica, dan Tomat)," kata Kepala BI Perwakilan Sulut Arbonas Hutabarat, di Manado, Senin.

Dia mengatakan selain itu penggunaan sistem rantai dingin untuk komoditas perikanan, serta menjaga pasokan dan harga komoditas perikanan lebih terjaga melalui pemantauan dan intervensi pemerintah. 

Arbonas mengatakan juga koordinasi lintas TPID melalui kerja sama antar daerah juga menjadi salah satu alternatif langkah konkrit yang dapat diambil TPID Kabupaten/Kota
untuk mencukupi kebutuhan pangan dan keterjangkauan harga di wilayahnya. 

Sejalan dengan hal tersebut, katanya, pemanfaatan platform penjualan online dan penggunaan QRIS juga dapat digunakan untuk menjaga roda perekonomian tetap tumbuh dengan aman di tengah pandemi, sekaligus mempercepat digitalisasi ekonomi dan keuangan di Sulut.

Bank Indonesia dan TPID Sulawesi Utara memandang bahwa inflasi secara tahunan akan tetap terkendali pada rentang sasaran 3±1 persen.

Namun demikian, katanya, terdapat risiko yang perlu dimitigasi, terutama terkait dengan potensi kenaikan permintaan seiring dengan pemulihan ekonomi di Sulut. 

Secara umum, katanya, aktivitas ekonomi pada sektor grosir dan farmasi hingga minggu ketiga Mei 2021 tercatat sebesar 19,5 persen di atas tingkat aktivitas pra COVID-19. Angka 
tersebut meningkat dibandingkan bulan sebelumnya sebesar 12,5 persen di atas baseline.

Perkembangan ini menunjukkan perbaikan aktivitas masyarakat yang masih berpotensi memberikan tekanan inflasi di Manado dan Kotamobagu pada Juni 2021.

Sejalan dengan hal tersebut, pemulihan ekonomi masyarakat yang ditunjukkan oleh peningkatan aktivitas seiring dengan berbagai upaya menurunkan kasus COVID-19 menyebabkan perlunya langkah-langkah konkrit untuk menjaga inflasi tetap rendah dan stabil di Manado dan Kotamobagu.

Upaya-upaya stabilisasi harga dan memastikan ketersediaan pasokan diperlukan agar inflasi baik di Kota Manado maupun Kotamobagu tetap berada pada rentang sasarannya. 

Sehingga, katanya, sinergi seluruh dinas dan kementerian/lembaga terkait untuk sangat diperlukan untuk menjaga ketersediaan pasokan komoditas strategis seperti Barito dan komoditas perikanan. 
 

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024