Minahasa Tenggara (ANTARA) - Nama politisi kawakan PDI-P, James Sumendap mulai digadang-gadang menjadi calon terkuat pada pemilihan Gubernur Sulawesi Utara tahun 2024 mendatang.
Tak tanggung-tanggung, Bendahara Umum (Bendum) DPP PDI-P, yang juga Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey (OD), menyebut nama Bupati Minahasa Tenggara tersebut berpeluang menjadi calon suksesornya pada Pilkada mendatang.
“Pilgub nanti akan kami persiapkan. Bupati Minahasa Tenggara masuk dalam radar,” ungkap Olly saat Rakercab DPC PDI-P Minahasa Tenggara di Ratahan, Selasa (1/6/2021).
Sementara itu, munculnya nama James Sumendap untuk maju pada Pilgub Sulut mendatang tidak mengagetkan lagi, untuk diusung PDI-P.
Hal tersebut dikarenakan keterlibatan politisi yang dijuluki 'gladiator' ini, dalam membawa kemenangan partai pimpinan Megawati Soekarnoputri menang disejumlah kontestasi politik seperti Pileg, Pilpres, Pilgub, dan Pilkada kabupaten/kota di Sulut.
Politisi yang dari awal karir politiknya memperjuangkan nasib rakyat kecil, para petani dan buruh ini, sampai akhirnya dipercayakan untuk duduk di DPRD Sulut dua periode, terlibat langsung dalam membesarkan PDI-P di bumi nyiur melambai.
Dalam kepemimpinannya di Kabupaten Minahasa Tenggara, mampu menjadikan daerah ini maju dan berkembang di Provinsi Sulawesi Utara, dalam tujuh tahun terakhir.
Meski dianggap sebagai salah satu kader terbaik yang dimiliki PDI-P saat ini, dan masuk kandidat terkuat menjadi calon gubernur Sulut, James Sumendap mengaku akan menyerahkan keputusan tersebut ke pimpinan PDI-P.
“Saya serahkan semua kepada Bapak Olly Dondokambey untuk memutuskan,” ujarnya singkat.***
 

Pewarta : Arthur Ignasius Karinda
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024