Manado (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Bitung mendukung Badan Pusat Statistik (BPS) melakukan pencatatan Potensi Desa (Podes) 2021 di Kota Bitung, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

"Agar kegiatan Podes 2021 berjalan baik, maka rapat koordinasi bersama BPS dilaksanakan membahas pelaksanaan lapangan pencatatan Potensi Desa (Podes) 2021 dan sinkronisasi pembiayaan pengumpulan data mikro,"kata Wali Kota Bitung Maurits Mantiri, di Bitung, Kamis.

Maurits mengatakan maksud rakor ini adalah untuk mendengarkan penjelasan terkait pelaksanaan program pencacahan potensi desa (Podes) serta sinkronisasi pembiayaan pengumpulan data mikro oleh para perangkat daerah terkait.

"Saya harap agar kualitas data yang didapatkan haruslah akurat dan valid," kata Maurits.

Dia menjelaskan dalam setiap perencanaan dan juga evaluasi yang dilakukan oleh pemerintah maka data adalah sesuatu hal yang paling penting.

Data tersebut harus berisikan informasi yang juga berbasis kewilayahan. Hal ini mendorong Badan Pusat Statistik untuk selalu dapat menyediakan data yang penting dan akurat yang dibutuhkan oleh Pemerintah.

"Salah satunya adalah data yang dihasilkan dari Pendataan Potensi Desa (Podes)," katanya.

Podes dilakukan pada periode tiga tahunan. Namun, pentingnya data tersebut maka setiap tahunnya dilakukan Pemuktahiran Data Perkembangan Desa (Updating Podes).

"Harapannya hasil Podes 2021 ini dapat memberikan gambaran terkini mengenai potensi wilayah setingkat desa di seluruh Indonesia, khususnya Kota Bitung," katanya.


Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024