Manado (ANTARA) - Bupati Minahasa Royke Roring akan meningkatkan literasi digital di Kabupaten Mianahasa, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

Bupati Minahasa, Dr Royke Octavian Roring,  berharap ada peningkatan literasi digital di kabupaten tersebut.

"Saya berharap gerakan literasi digital menggelinding dan membesar serta terus melakukan kerja konkrit dan makin cakap memanfaatkan internet untuk edukatif dan produktif," kata Royke.

Bupati Royke Roring berharap literasi digital ini akan terus dikembangkan di Kabupaten Minahasa meski diakui ada beberapa lokasi wilayah Kabupaten Minahasa yang belum terjangkau jaringan internet yang tentu diupayakan terus pembangunan sarana dan prasarananya. 

"Literasi digital ini penting untuk dapat berpartisipasi di era modern ini," katanya.

Dia menjelaskan literasi digital adalah pengetahuan dan kecakapan untuk menggunakan media digital, alat-alat komunikasi, atau jaringan dalam menemukan, mengevaluasi, menggunakan, membuat informasi dan memanfaatkannya secara sehat, bijak, cerdas, cermat, tepat, dan patuh hukum dalam rangka membina komunikasi dan interaksi dalam kehidupan sehari-hari. 

Literasi digital juga merupakan kemampuan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk mengkomunikasikan konten/informasi dengan kecakapan kognitif dan teknikal. 

Digital literasi lebih cenderung pada hal-hal yang terkait dengan keterampilan teknis dan berfokus pada aspek kognitif dan sosial emosional dalam dunia dan lingkungan digital.

Literasi digital merupakan respons terhadap perkembangan teknologi dalam menggunakan media untuk mendukung masyarakat memiliki kemampuan membaca serta meningkatkan keinginan masyarakat untuk membaca.
 

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024