Tomohon (ANTARA) - Asisten Administrasi Umum Setda Kota Tomohon, Sulawesi Utara(Sulut), ODS Mandagi mengatakan partisipasi perempuan dalam pembangunan adalah ikut berkontribusi meningkatkan kualitas hidup masyarakat. 

"Kehadiran perempuan dalam pembangunan bangsa telah terbukti memberikan sumbangsih dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat," kata Mandagi dalam Seminar Peringatan Hari Kartini ke-142 di Tomohon, Rabu.

Perjuangan RA Kartini dalam memajukan perempuan Indonesia melalui emansipasi wanita, sedikit demi sedikit dapat diwujudkan dan diimplementasikan. 

Hal itu dibuktikan dengan banyaknya tokoh-tokoh perempuan berprestasi dan dapat membuktikan diri menjadi figur yang kuat serta mampu memposisikan diri setara dengan pria. 

Dia menambahkan, salah satu upaya mewujudkan keadilan dan kesetaraan gender adalah melalui  pelaksanaan pengarusutamaan gender (PUG) dalam pembangunan nasional yang dituangkan dalam program kegiatan yang ada di daerah. 

Pemerintah kota memberikan apresiasi kepada Tim Penggerak PKK Kota Tomohon bersama perangkat daerah terkait yang telah melaksanakan seminar ini. 

Ketua Tim Penggerak PKK Kota Tomohon, drg Jeand'arc Senduk-Karundeng mengatakan, seminar ini akan memperkuat kemampuan dan kemandirian kaum perempuan mengurangi kemiskinan.

Selain itu, mengakhiri kesenjangan ekonomi melalui kesetaraan gender dan peningkatan taraf hidup masyarakat serta berperilaku hidup bersih dan sehat untuk kelangsungan hidup masyarakat. 

"Selamat Hari Kartini dan jadilah Kartini-Kartini masa kini yang hebat," sebutnya.

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024