Manado (ANTARA) -
PT Nindya Karya (Persero) optimis pengerjaan paket II Bendungan Kuwil Kawangkoan di Minahasa Utara, Sulut, selesai Agustus tahun ini.

"Progres fisiknya sudah 96,7 persen atau masih tiga persen lebih yang akan dikerjakan," ujar Muhammad Iqbal, Site Engineering Manager Pembangunan Bendungan Kuwil, di Minahasa Utara, Senin.

Tiga persen lebih lanjutan pengerjaan akan diplot untuk penyelesaian 'hydromechanical' seperti pintu air, pipa air, serta penutupan terowongan dan bangunan fasilitas. "Tiga persen lebih yang akan kami kerjakan ini akan kami kebut agar bisa selesai sesuai target," katanya.

Tahun ini, dari anggaran sebesar Rp150 miliar yang dialokasikan penyerapannya sudah sebanyak 60 persen. "Anggaran yang diplot untuk pengerjaan paket II ini sebesar Rp660 miliar, penyerapannya sudah sebesar 96 persen," jelasnya.

Kondisi cuaca menurut Iqbal sedikit mempengaruhi pekerjaan, akan tetapi pengerjaannya akan terus dimaksimalkan. "Kemarin musim hujan agak mundur, akan tetapi sekarang sudah memasuki musim kering," ujarnya.

Secara keseluruhan, lanjut dia, paket II yang telah selesai dikerjakan yaitu terowongan, bangunan pelimpah, sementara yang masih akan dikerjakan yaitu 'hydromechanical', jalan akses serta bangunan fasilitas.

Bangunan bendungan ini secara desain direncanakan di atas 20 tahun.

"Cukup aman, dan secara kontraktual ada masa pemeliharaan selama satu tahun. Apabila ada perbaikan pasti akan kami ditanggung," jelasnya.***1***

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024