Manado (ANTARA) - Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Sulawesi Utara, Ir Rita Dondokambey-Tamuntuan berharap perajin-perajin lokal diberdayakan di kabupaten dan kota.

"Sangat diharapkan peran serta ketua dekranasda di kabupaten/kota menciptakan produk kerajinan daerah dengan memberdayakan kelompok perajin lokal," ajak Ir Rita saat pelantikan ketua dekranasda kabupaten/kota, Jumat.

Dia berharap, pascapelantikan dapat membina kelompok perajin rakyat masing-masing daerah untuk mengangkat berbagai produk kerajinan khas yang ada.

Istri Gubernur Olly Dondokambey itu mengajak semua ketua hingga anggota dekranasda kabupaten/kota bersama-sama mendukung program pemerintah pusat yang menjadikan Sulut sebagai salah satu tujuan pariwisata unggulan.

“Mari kita sama-sama mendukung apa yang sudah diberikan Presiden Jokowi kepada Provinsi Sulut,” ajaknya.

Dia juga mengharapkan efektivitas pembinaan dan pengembangan industri kerajinan di daerah dengan semakin mengangkat produk kerajinan berbasis kearifan lokal dengan memanfaatkan sumber daya manusia dan sumber daya alam.

“Selamat kepada ibu-ibu ketua yang baru saja dilantik,” katanya. 

Ketua Dekranasda Sulut melantik Ketua Dekranasda Kota Tomohon, Kabupaten Minahasa Selatan, Kabupaten Minahasa Utara, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, dan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan.

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024