Manado (ANTARA) - Wali Kota Tomohon Caroll JA Senduk mengatakan, pemerintah kota segera menyusun rencana induk pengembangan dan pengelolaan sumber daya air pascakonsultasi dengan Kementerian PUPR.

"Maksud konsultasi ini adalah dalam rangka membahas program pengembangan dan pengelolaan sumber daya air yang ada di Kota Tomohon," ujar Wali Kota Caroll di Tomohon, Sulawesi Utara (Sulut), Jumat.

Salah satu program unggulan Pemerintah Kota Tomohon sesuai dengan visi misi Wali Kota dan Wakil Wali Kota adalah menjawab kebutuhan masyarakat terkait pemenuhan air bersih.

Wali Kota sendiri telah membuka konsultasi dengan Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kementerian PUPR, melalui Direktur Sungai dan Pantai Ir. Bob Arthur Lombogia, M.Si terkait kebutuhan air bersih.

"Berbagai upaya akan kami lakukan menjawab pemenuhan air bersih tersebut. Dari hasil konsultasi ini secepatnya kami akan menyusun rencana induk pengembangan dan pengelolaan sumber daya air di Kota Tomohon untuk selanjutnya segera dilaksanakan oleh instansi atau perangkat daerah terkait," katanya.

Menurut Wali Kota, perlu dipahami bersama bahwa program pengembangan dan pengelolaan sumber daya air ini merupakan program yang bersentuhan langsung dengan kepentingan dan kebutuhan masyarakat.

Karena itu, politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan itu berharap program tersebut menjadi perhatian serius dari perangkat daerah maupun instansi terkait seperti Dinas PU, Dinas Perkim dan PDAM.

Wali Kota Caroll menambahkan, sebagai mana Presiden Jokowi berharap para menteri untuk "out of the box" dalam melakukan terobosan-terobosan baru yang strategis, inovatif, kreatif, namun akuntabel, hal tersebut juga hendaknya dilakukan perangkat daerah di Tomohon.

"Mari kita melaksanakan program dan kegiatan tersebut guna akselerasi atau percepatan pencapaian visi, misi dan realisasi program unggulan Wali Kota dan Wakil Wali Kota," ajaknya. ***3***


Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024