Manado (ANTARA) - Ketua Komisi IX DPR-RI, Felly E Runtuwene mengingatkan masyarakat mengkonsumsi air tanah sehat dan tidak mengandung unsur kimia berbahaya.

"Kesehatan air tanah yang digunakan masyarakat perlu mendapatkan perhatian pemerintah, karena penggunaan air sumur masih banyak di Minahasa," sebut Felly pada sosialisasi pendataan keluarga dan pencegahan stunting di Kabupaten Minahasa, Selasa.

Cara untuk membuktikan apakah air tanah yang dikonsumsi masyarakat layak atau tidak adalah dengan melakukan pengujian.

"Bila tidak layak dikonsumsi setelah diperiksa, maka menjadi tanggung jawab pemerintah untuk menyediakan air bersih yang layak bagi masyarakat," katanya.

Pemerintah bisa saja menyediakan air bersih melalui PDAM, kemudian dialirkan kepada seluruh masyarakat desa dan kelurahan.

"Ketersediaan air bersih penting karena itu terkait dengan kesehatan masyarakat," katanya.

Politikus Partai Nasdem itu menduga, tingginya penyakit asam urat ada kaitannya dengan penggunaan air tanah oleh masyarakat Minahasa.

"Di daerah Langowan misalkan, kasus asam urat tinggi. Ini perlu perhatian pemerintah daerah untuk penyediaan air bersih. Harus juga dipastikan apakah air sumur yang banyak digunakan seperti sumur layak dikonsumsi atau tidak. Ini hendaknya menjadi perhatian Pemerintah Kabupaten Minahasa," ajaknya.

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024