Sulut, Sangihe (ANTARA) - Kepala Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Kepulauan Sangihe Sulawesi Utara, Golfried Pella mengatakan memaksimalkan tugas 34 tenaga penyuluh guna mendorong peningkatan produksi pertanian masyarakat. 

"Kami memaksimalkan tugas 34 tenaga penyuluh guna memberikan pendampingan kepada petani di setiap kampung," kata Golfried Pella di Tahuna, Rabu.

Menurut dia, 34 tenaga penyuluh pertanian yang dimiliki pemerintah Kabupaten Sangihe terdiri dari 30 orang yang berstatus sebagai aparatur sipil negara (ASN) dan empat orang pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK).

Kalau melihat jumlah kampung 145 di Kabupaten Sangihe maka penyuluh pertanian yang hanya 34 orang dinilai masih sangat kurang.

Namun demikian kata dia, tenaga penyuluh saat ini tetap diberi tugas untuk melayani pendampingan kepada petani di setiap kampung.

"Penyuluh tetap bersedia memberikan pendampingan kepada petani apabila diperlukan di setiap kampung," kata dia.

Tahun 2021 ini, pemerintah kabupaten kembali mengusulkan penambahan penyuluh melalui formasi CPNS dan PPPK.

"Kami berharap usulan pemerintah Kabupaten Sangihe untuk penambahan penyuluh melalui formasi CPNS dan PPPK diakomodir oleh pemerintah pusat agar setiap kampung bisa memiliki satu orang penyuluh," kata Golfried Pella.

Pewarta : Jerusalem Mendalora
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024