Papua (ANTARA) -  
Situasi Intan Jaya Papua saat ini kondusif. Kabar adanya pengungsian di wilayah Intan Jaya tidak benar, kata Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Kamal melalui keterangan tertulis, Selasa. 

"Tidak ada pengungsian di Intan Jaya pasca-kekerasan yang dilakukan oleh kelompok KKB masyarakat hanya mengamankan diri sementara di gereja," kata  Kamal.

Menurut Kamal, menjelang satu hari aparat polres dan pemda setempat langsung merespons serta memberikan bantuan bahan makanan kepada masyarakat yang mengamankan diri. 

"Kapolres Intan Jaya dan bapak bupati memberikan bantuan bahan makanan, serta aparat TNI-Polri juga dikerahkan untuk melakukan pengamanan kepada masyarakat setempat. Saat ini, masyarakat sudah kembali ke rumah masing-masing," tuturnya.

Sementara aparat gabungan TNI-Polri masih melakukan pengejaran terhadap KKB yang melakukan kekerasan terhadap warga. 

Di lain sisi, rutinitas patroli juga dilaksanakan setiap harinya guna menjamin keamanan masyarakat di Intan Jaya,” tuturnya.

Hingga saat ini, Polda Papua memfokuskan keamanan dan pemantauan kelompok KKB di 3 wilayah Papua, yaitu Nduga, Puncak Ilaga dan termasuk Intan Jaya.  

Pewarta : Guido Merung
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024