Sitaro (ANTARA) - Dinas Pendidikan  (Disdik) Kabupaten Siau Tagulandang Biaro  (Sitaro), menggelar bimbingan teknis (Bimtek) bagi  tenaga operator data pokok pendidikan (Dapodik)  wilayah Tagulandang dan Biaro.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kepulauan Sitaro melalui Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar Dinas  Okswald Makagiansar,SH, di Ondong, Rabu mengatakan  tujuan dilaksanakannya Bimtek ini adalah untuk menyinkronkan data dan menjadi acuan untuk pengambilan kebijakan.

"Pengambilan kebijakan bidang pendidikan setiap tahun anggaran, berdasarkan data Dapodik, maka bimtek ini tepat pelaksanaannya, sebagai 'up date' data yang diperlukan pemerintah baik di tingkat pusat maupun daerah," kata Makagiansar.

Bimtek operator Dapodik, katanya,  sangat penting dilakukan untuk menjamin sinkronisasi dan akurasi data pokok pendidikan tahun 2021.

"Satu-satunya aplikasi yang menjadi dasar yaitu dapodik, maka dalam pengambilan dan validasi data harus akurat, diperlukan up date data," tuturnya. 

Dia  berpesan agar operator sekolah dalam melakukan entry data harus sesuai keadaan yang sebenarnya , menampilkan data yang akurat dan akuntabel.  Kepala sekolah wajib melakukan review data  di entri oleh operator sebelum dikirim.

Bimtek ini dihadiri oleh kepala sekolah dan tenaga operator dengan memperhatikan protokol kesehatan. 
 

Pewarta : Miranti Sahambangung
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024