Manado (ANTARA) - Aparat keamanan terdiri  Polres hingga Polsek dan jajaran TNI  mengawal pelaksanaan vaksinasi COVID-19 tahap kedua  di 23 lokasi  di Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara.

“Hal ini sesuai arahan Presiden, bahwa TNI-Polri berperan dalam kelancaran proses distribusi vaksin, pengamanan vaksinasi, termasuk menjadi vaksinator,”kata Kabid Humas Polda Sulut Kombes Pol Jules Abraham Abast, di Manado, Selasa.

Ia mengatakan vaksinasi massal bertujuan untuk membangun kekebalan kelompok atau herd immunity. “Oleh karena itu, kami mengajak masyarakat untuk turut mendukung dan menyukseskan program vaksinasi nasional ini, demi memutus mata rantai penyebaran COVID-19. Jangan khawatir karena vaksin aman dan halal,” katanya.

Salah satu yang dijadikan lokasi vaksinasi adalah di Mapolres Kepulauan Talaud, dimana dilakakan  penyuntikan vaksin jenis Sinovac  di antaranya kepada Kapolres Kepulauan Talaud AKBP Alam Kusuma S. Irawan, Dandim 1312 Talaud Letkol Irwan Guptarrochman, serta tenaga kesehatan Urkes Polres Kepulauan Talaud Bripka I Gede Pasek.

Adapun rangkaian vaksinasi dimulai dari pendaftaran, screening atau pemeriksaan kondisi kesehatan, penyuntikan vaksin, serta observasi.

Sementara itu vaksinasi di lokasi lainnya ditujukan kepada para tenaga kesehatan yang bertugas di sejumlah fasilitas kesehatan yang di wilayah Kabupaten Kepulauan Talaud.



 

Pewarta : Jorie MR Darondo
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024