Manado (ANTARA) - Bupati Minahasa Royke Octavian Roring mengharapkan Pasar Tondano yang baru diresmikan dapat berkontribusi positif bagi ekonomi rakyat di Kabupaten Minahasa, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

"Saya berharap kiranya dengan adanya pasar yang baru ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya dan dapat memberi kontribusi bagi perekonomian rakyat di Minahasa," kata Royke di Tondano, Kamis.

Royke juga memberikan kesempatan bagi para pedagang untuk segera menempati kios-kios yang sudah tersedia ini dengan mengikuti prosedur yang sudah ditetapkan.

Menurut dia, apabila terjadi transaksi yang sehat, maka dampaknya akan sama-sama menguntungkan penjual maupun pembeli.

Selain itu, para pedagang juga dapat menjual kepada bahan-bahan yang berasal dari petani lokal, sehingga terdapat peningkatan taraf hidup dari kalangan petani.

"Dengan memanfaatkan produk lokal, maka ekonomi rakyat akan meningkat terus," kata Royke.

Meski demikian, ia mengingatkan hukum pasar akan berlaku dalam perdagangan sehingga untung rugi tidak terhindarkan, asalkan masih berada dalam kondisi yang wajar.

"Soal naik turunnya harga itu biasa dalam perdagangan, namun jangan memanfaatkan momen tertentu untuk menaikkan harga, padahal stok mencukupi," katanya.

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024