Sitaro (ANTARA) - Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Siau Tagulandang Biaro, Sulawesi Utara, Fidel Malumbot  mengatakan partisipasi pemilih daerah tersebut mengalami penurunan pada Pilkada gubernur dan wakil gubernur Sulut tahun 2020. 

"Pemilu 2019 partisipasi pemilih mencapai 86 persen, tetapi Pilkada tahun 2020 hanya 74 persen dari jumlah daftar pemilih tetap(DPT) atau turun 12 persen," kata Fidel  saat  menutup rapat kerja evaluasi dan konsolidasi data pengawasan pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sulut 2020 di Ondong, Senin. 

,Fidel menyampaikan terima kasih kepada jajarannya yang telah menjalankan tugas pengawasan demokrasi sehingga berjalan dengan baik.

Malumbot juga menyampaikan evaluasi bagi pengawas dengan dua indikator yakni  LHP dan laporan yang bersifat divisi/kelembagaan.

Kegiatan dibuka Koordinator Divisi Pengawasan, Humas dan Hubla Bawaslu Kab. Kepulauan  Siau Tagulandang Biaro, Henrolds Tatengkeng, S.Si ini berlangsung di Little House, 

Rapat ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kendala-kendala yang ditemui dalam pengawasan serta mengevaluasi data-datanya agar semua pelaporan tidak terjadi kesalahan input. Kegiatan yang dihadiri oleh koordinator PHH, koordinator HP3S, staf pelaksana Panwaslu kecamatan daratan Siau dan Biaro serta staf Bawaslu Kab. Kepulauan. Siau Tagulandang Biaro.

"Dalam sisa waktu tugas ini, berharap semua laporan termasuk laporan akhir tugas baik secara individu atau kolegial diselesaikan guna pertanggungjawaban kinerja," ujarnya.

Pihaknya juga menyampaikan akan memenuhi semua hak dan kewajiban rekan-rekan Panwaslu.

Hadir juga dalam rapat ini pimpinan lainnya Djamila Thalib  selaku Kordiv. SDM

Pewarta : Miranti Sahambangung
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024