Manado (ANTARA) - Penjabat Gubernur Sulawesi Utara Agus Fatoni mengecek kesiapan RSUD Pobundayan Kota Kotamobagu sebagai rujukan perawatan pasien terkonfirmasi positif COVID-19.

"Kunjungan kerja ini untuk melihat langsung kesiapan RSUD Kotamobagu sebagai rumah sakit rujukan pasien COVID-19," ujarnya di Kotamobagu, Kamis.

Beberapa hal terkait kesiapan penanganan COVID-19 di RSUD ini, di antaranya ketersediaan tempat tidur, tenaga medis, dan dari sisi kesiapan lainnya agar penanganan pasien sesuai dengan prosedur.

Ia juga kembali menegaskan pentingnya langkah 3T dalam penanganan COVID-19 di daerah berpenduduk lebih dari 2,6 juta jiwa itu.

“Sesuai dengan arahan Pak Presiden Joko Widodo diharapkan terus memasifkan 3T, yaitu testing (tes), tracing (penelusuran), dan treatment (perawatan) dalam memutus mata rantai penularan COVID-19,” ujarnya.

Kepala Balitbang Kementerian Dalam Negeri itu, berharap masyarakat tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan dengan menerapkan 3M+1, yaitu menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menghindari kerumunan.

"Butuh peran serta semua pemangku kepentingan termasuk masyarakat menekan angka penularan COVID-19," katanya.

Satuan Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Sulut mencatat 79 kasus baru sebagai tambah kasus virus di provinsi ujung utara Pulau Sulawesi itu, Rabu (25/11).

Secara akumulatif, sejak kasus pertama diumumkan pertengahan Maret 2020, jumlah kasus terkonfirmasi positif virus corona jenis baru itu di daerah setempat mencapai 6.550 orang.


Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024