Sulut, Sangihe (ANTARA) - Dandim 1301 Sangihe, Sulawesi Utara, Letkol Inf Rachmat Christanto mengingatkan jajarannya agar menjaga netralitas dalam pelaksanaan Pilkada tahun 2020.

"Kepada semua jajaran Kodim 1301 Sangihe agar tetap netral dalam pelaksanaan tahapan Pilkada 2020," kata Letkol Rachmat Christanto di Tahuna, Senin.

Saat menggelar apel di halaman Makodim Sangihe, Dandim Christanto mengatakan seluruh jajaran Kodim harus tetap bekerja dengan maksimal sesuai tugas dan tanggung jawab masing-masing.

"Seluruh prajurit dan jajaran, diminta untuk melaksanakan tugas pengamanan pelaksanaan tahapan Pilkada yang sementara dilaksanakan saat ini," kata dia.

Jajaran Kodim kata Dandim harus terus bekerja secara maksimal untuk menjaga wilayah agar tetap aman dan kondusif.

"Pasang mata dan telinga di wilayah, terus tingkatkan komunikasi sosial dan perluas jaring-jaring teritorial untuk mendapatkan informasi tentang perkembangan situasi yang terjadi di wilayah agar dapat segera di deteksi dan dicegah sejak dini hal-hal yang menonjol, supaya tidak menimbulkan dampak konflik masa serta merusak persatuan dan kesatuan Bangsa," tegas Dandim.

Dia juga meminta jajarannya untuk menggalang sinergitas dengan seluruh instansi melalui komunikasi sosial. Demikian juga Babinsa yang ada di wilayah agar terus menghimbau masyarakat untuk menjaga kamtibmas dan tidak percaya isu-isu yang memecah belah persatuan.

"Rangkul semua tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat dan seluruh elemen masyarakat lainnya untuk bersama sama meredam setiap kemungkinan timbulnya konflik di masyarakat yang dapat mengacaukan pelaksanaan tahapan Pilkada," kata dia.

Selain pengamanan tahapan Pilkada, jajaran Kodim 1301 Sangihe juga diminta untuk menegakkan disiplin protokol kesehatan guna memutus mata rantai COVID-19.

"Tindakan persuasif dan humanis dalam mendisiplinkan masyarakat diharapkan dapat lebih menggugah kesadaran masyarakat untuk semakin taat dan disiplin menerapkan protokol kesehatan agar menjadi kebiasaan baru dalam kegiatan setiap hari," kata Dandim.

Pewarta : Jerusalem Mendalora
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024