Manado (ANTARA) - KPU Kota Manado, sudah melakukan pemeriksaan kesehatan yakni Rapid test kepada lebih dari 80 persen, calon KPPS. 

"Rapid test itu sudah selesai, dan ditemukan ada yang reaktif namun menolak di-swab, dan mereka itu diminta untuk mundur," kata Komisioner KPU Manado, Ismail Harun, di Manado. 

Dia mengatakan, sesuai dengan kesepakatan dengan dinas kesehatan, jika calon reaktif namun tidak menunjukan gejala dan harus menjalani isolasi mandiri, maka setelah diperiksa dan sembuh bisa ikut menjalankan tugasnya nanti. 

Sebab menurutnya yang reaktif dan setelah menjalani isolasi mandiri, kemudian diperiksa lagi sehat maka disilahkan bertugas pada 9 Desember nanti. 

"Terkait isolasi mandiri dan positif namun tanpa gejala, tetap dikirimkan ke RSUP Kandou dan menjalani perawatan dan dengan waktu yang maksimal," katanya.

Dia mengatakan, saat itu pihaknya langsung mengganti para calon yang reaktif dan menolak untuk diswab, sebab itu adalah aturan yang harus dipatuhi.  

Namun menurutnya rata-rata KPPS yang sudah dirapid test itu sehat, dan bahkan ada yang telah mengikuti bimbingan teknis dalam melaksanakan tugas nantinya. 
 

Pewarta : Joyce Hestyawatie B

Copyright © ANTARA 2024